Data Pribadi Kita Tercuri di Internet?

Bahaya ini berkaitan dengan bocornya data pribadi baik login maupun data pribadi pengguna lainnya pada beberapa situs. Tingkat kebocorannya sendiri bervariasi, dari hanya usernameusername dengan password, nama pengguna, tanggal lahir, nomor ponsel, alamat email hingga nomor akun bank atau kartu kredit pengguna. 

Kita ingat beberapa waktu lalu kasus yang menimpa Tokopedia, salah satu raksasa e-commerce di Indonesia, di mana setidaknya 15 juta data pribadi pengguna disinyalir berhasil dicuri oleh peretas. Data yang meliputi antara lain username, alamat email, nama, tanggal lahir dan nomor telepon pengguna Tokopedia. Ngeri-ngeri sedap, bukan?

Kebocoran seperti itu sebenarnya tidak hanya dialami Tokopedia saja. Adalah situs haveibeenpwned.com yang sengaja dibuat dan didedikasikan oleh Troy Hunt, seorang pakar keamanan internet asal Australia, untuk membantu orang-orang untuk mengecek apakah telah terjadi kebocoran pada data pribadinya di internet. haveibeenpwned.com mencatat setidaknya ada 454 situs dan 9.760.722.439 akun pengguna telah dilanggar di internet.

Bagikan Artikel ini..

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *